Sabtu, 14 Februari 2015

ISIS Kuasai Kota Al-Baghdadi





Pasukan ISIS menduduki bagian besar kota al-Baghdadi di barat Irak sehingga mengancam sebuah pangkalan udara di mana marinir AS melatih pasukan Irak, kata para pejabat seperti dikutip Reuters.



Al-Baghdadi, sekitar 85 km barat daya Ramadi di provinsi Anbar, telah dikepung selama berbulan-bulan oleh militan ISIS yang menguasai bagian besar utara dan barat Irak tahun lalu.



ISIS menyerang al-Baghdadi dari dua arah dan lalu maju ke dalam kota, kata sumber-sumber intelijen dan para pejabat.



Para pejabat mengatakan kelompok militan Islam lainnya kemudian menyerang pangkalan udara Ain al-Asad yang berpenjagaan ketat sekitar lima km arah barat daya kota itu, namun mereka tak bisa mendudukinya.



Sekitar 320 prajurit marinir AS tengah melatih pasukan Irak dari Divisi ke-7 yang pernah diserang mortir paling tidak satu kali sejak Desember.



Juru bicara Pentagon Letkol Laut Elissa Smith memastikan bahwa kontak senjata hebat berlangsung di al-Baghdadi. Dia mengatakan tidak ada serangan langsung ke pangkalan udara tersebut.



Manajer distrik Naji Arak membenarkan bahwa ISIS telah memasuki al-Baghdadia dan menyerang sejumlah gedung pemerintah.



Dia awalnya mengatakan bahwa ISIS menguasai 90 persen wilayah kota itu, sedangkan jumlah korban meninggal dunia belum bisa dipastikan.



Kebbanyakan kota-kota yang mengepung provinsi Anbar jatuh ke tangan ISIS setelah militan ini dengan menyeberang melintasi perbatasan Suriah musim panas lalu, demikian Reuters. (antara)
















DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar