Jumat, 23 Januari 2015

Raja Saudi Abdullah bin Abdulaziz Wafat di Usia 90 tahun



Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz wafat pada Jumat (23/1/2015) dini hari waktu setempat.


Raja Abdullah wafat di usianya 90 tahun karena menderita pneumonia. Seperti dikutip dari aljazeera.com, Jum`at (23/1), Abudullah wafat setelah dirawat selama beberapa minggu di rumah sakit.



Televisi Pemerintah Saudi menyiarkan berita wafatnya raja berumur 90 tahun itu dan menyatakan bahwa Putra Mahkota Pangeran Salman bin Abdulaziz yang merupakan adik tiri Abdullah sebagai pengganti mendiang Abdullah yang memerintah sejak 2005.



"Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan bangsa meratapi Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal tepat pukul 1 pagi pagi ini," kata televisi pemerintah Arab Saudi.



Raja Abdullah lahir pada tahun 1923 dan mulai menempati singgasana kerajaan Arab Saudi pada 2005 setelah kakaknya, Raja Fahd, meninggal dunia.



Abdullah adalah putra ke-13 dari Raja Abdulaziz, pendiri Arab Saudi. Sistem takhta Arab Saudi sendiri menganut pewarisan dari putra tertua hingga termuda Abdulaziz, tidak seperti sistem primogenitiur dari generasi satu ke generasi lainnya.



Walau resmi naik takhta tahun 2005, Abdullah sendiri secara de facto sudah memerintah Saudi sejak pendahulunya, Raja Fahd, terkena stroke pada tahun 1995.



Raja baru, Salman, merupakan mantan Gubernur Provinsi Riyadh dan Menteri Pertahanan. Ia telah menunjuk saudara termudanya, Pangeran Muqrin, sebagai putra mahkota yang baru menggantikan Salman.





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar