Senin, 26 Januari 2015

Dibeli OLX, Situs Berniaga.com Resmi Ditutup





Situs web iklan baris Berniaga.com akhirnya resmi ditutup pada Senin (26/1). Hal ini ditandai dengan pengalihan lalu lintas situs web Berniaga menuju situs OLX.co.id.



OLX sepenuhnya bertanggungjawab dalam mengelola bisnis ini, dan fokus memperbanyak jumlah pengguna serta memberi pengalaman terbaik kepada pengguna.



Penutupan ini terjadi setelah investor Berniaga dan OLX sepakat untuk melakukan merger yang diumumkan pada November 2014.





Naspers asal Afrika Selatan, selaku investor OLX, sepakat mendirikan perusahaan patungan dengan 701 Search yang tak lain adalah investor Berniaga. 701 Search merupakan gabungan antara perusahaan Schibsted (Norwegia), Telenor (Norwegia), dan Singapore Press Holdings (Singapura).



Di Indonesia, Naspers akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam perusahaan patungan, sebesar 64 persen, sementara 701 Search sebesar 36 persen.



Selain Indonesia, Naspers dan 701 Search juga akan menjalankan bisnis iklan baris online bersama di Brasil, Thailand, dan Bangladesh.



Sebelumnya, sumber terpercaya telah mengatakan pada CNN Indonesia bahwa Berniaga bakal ditutup pada akhir Januari 2015. Sumber itu juga mengatakan, OLX bakal merekrut sejumlah karyawan Berniaga melalui proses seleksi. Namun, ia tak menyebut berapa jumlah karyawan Berniaga yang pergi ke OLX.



Juru bicara OLX Indonesia, Ario Agung Sumantri mengatakan, pihaknya berharap bisa memberikan kemudahan dan kecepatan bagi penjual dan pembeli dalam transaksi jual-beli produk bekas.



"Fokus kita adalah user ... Dan utamanya adalah bagaimana memberikan user pengalaman yang luar biasa pada waktu menggunakan OLX," ujar Ario kepada CNN Indonesia.



Untuk urusan iklan baris, di halaman FAQ terpampang informasi bahwa iklan di Berniaga yang dialihkan ke OLX hanyalah iklan yang terhitung aktif setelah 11 November 2014 dan memenuhi ketentuan umum OLX.



Itu berarti, iklan-iklan sebelum tanggal 11 November 2014 bakal hilang bersamaan dengan penutupan situs Berniaga. Ario menyarankan para pengguna "memanfaatkan situs OLX.co.id untuk jual-beli barang second."





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar