Sabtu, 31 Januari 2015

ISIS Bakar buku-buku Sekuler perpustakaan Mosul





Sejumlah laporan dari Irak utara mengatakan, kelompok Negara Islam atau dulu disebut ISIS menargetkan serangan atas perpustakaan di kota Mosul, Irak.



Kantor berita Associated Press, AP mengatakan, ISIS membersihkan sekitar dua ribu buku dari perpustakaan pusat Kota Mosul, pada awal bulan ini.



Kantor berita AP juga menyebutkan, militan ISIS ini juga melakukan penggeledehan isi perpustakaan Universitas Mosul.



Sejumlah saksi mata mengatakan, anggota ISIS membawa pergi buku-buku bertema filsafat, kebudayaan serta ilmu pengetahuan, namun mereka membiarkan buku-buku Islam tetap di atas raknya.



Seorang warga Mosul, yang tidak mau menyebutkan jati dirinya mengatakan, militan akan membakar buku-buku yang mempromosikan ide-ide sekularisme.



Membakar buku



Di hadapan para mahasiswa, mereka dilaporkan membakar buku-buku yang dianggap mempromosikan sekularisme.



Seorang guru besar Sejarah Universitas Mosul, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, diantara buku-buku yang dibakar adalah arsip penting seputar sejarah kehadiran Gereja ortodoks yang berusia 265 tahun.



Kota Mosul, salah-satu kota terbesar di Irak, selalu membanggakan bahwa kota mereka merupakan kota pendidikan.



Di kota ini banyak ditemukan situs peninggalan Irak kuno dan berdiri banyak perpustakaan.



Ketika pasukan AS menyerbu Irak untuk menggulingkan Saddam Hussein pada tahun 2003, warga Mosul yang tinggal di dekat Perpustakaan pusat berbondong menyembunyikan beberapa naskah kuno bersejarah di rumah mereka.



Hal ini dilakukan untuk mencegah aksi pencurian atau perusakan terhadap naskah-naskah itu oleh para penjarah.



sumber: bbc





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar