Jumat, 23 Januari 2015

#SaveKPK Masih Puncaki Trending Topic





Berita penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto langsung memicu reaksi luar biasa di media sosial.



Tanda pagar #SaveKPK sudah digunakan lebih dari 200.000 tweet dalam tiga jam terakhir dan menjadi topik paling terpopuler di Indonesia.



Sebagian masyarakat Indonesia di dunia maya menyuarakan komentar bernada miring, dengan dugaan bahwa lembaga antikorupsi itu kini sedang menjadi korban "serangan" dari polisi.



Beberapa bahkan menyamakan kejadian ini dengan peristiwa "Cicak versus Buaya" beberapa tahun lalu, juga antara kepolisian dan KPK.



Polisi menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (23/01) pagi, atas dugaan rekayasa keterangan palsu saat menjadi pengacara dalam prakara Pemilukada 2010.



Sejumlah pengguna Twitter menduga penangkapan ini merupakan upaya pelemahan KPK, di tengah polemik pencalonan Kapolri.



Alissa Wahid, puteri pertama Gus Dur melalui akun @AlissaWahid mengatakan, "Semua orang di @KPK_RI bisa dijadikan sasaran tembak. Ingat, tujuannya adalah pelemahan KPK, agar para koruptor melenggang. #saveKPK"



Peneliti ICW, Donal Fariz, lewat akun Twitter-nya, @donalfariz, menuliskan kicauan "SOS #SAVEKPK... MERAPAT KE KPK SEMUA YG PEDULI PEMBERANTASAN KORUPSI." Sutradara Joko Anwar ikut menyerukan tagar #SaveKPK #SaveIndonesia,"



Sejarawan JJ Rizal ikut mengatakan dalam Twitter-nya, "Suatu saat dalam sejarah kita kenal singa melawan banteng, lalu cicak vs buaya, kini cicak melawan banteng dan buaya."



Hadir pula para aktivis yang menyerukan "Save KPK" dan "Dukung KPK" sebagai bentuk dukungan terhadap KPK. Aksi barikade pun dilakukan di depan halaman gedung KPK. (*pbs)





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar