Selasa, 30 Desember 2014

Walikota: “Malam tahun baru warga tak keluar diatas jam 23.00 WIB”




Foto: harianaceh


Walikota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal menghimbau kepada seluruh warga Banda Aceh pada malam tahun baru agar tidak keluar rumah di atas pukul 23.00 WIB. Illiza meminta di atas pukul tersebut warga lebih baik berada di rumah masing-masing.



Larangan warga keluar rumah ini dalam upaya Pemerintah Kota Banda Aceh mencegah adanya warga merayakan pergantian tahun baru masehi. Sebab, Pemerintah Kota Banda Aceh menilai perayaan tahun baru haram dan bukan budaya ummat Islam.



Malam tahun baru Masehi tidak boleh dirayakan dan melakukan kegiatan apapun yang berhubungan dengan agama.



“Meskipun kegiatan keagamaan baik itu zikir maupun yasinan,” ujar Walikota



"Kita ajak semalam saja dalam setahun untuk tidak keluar rumah. Jangan sampai perayaan malam tahun baru menjadi tradisi bagi umat Islam," kata Illiza Sa'aduddin Djamal, Selasa (30/12) di Banda Aceh.



Kalau pun ada keperluan, jelasnya, warga diminta untuk keluar rumah membeli keperluan tersebut sebelum pukul 23.00 WIB. Kecuali ada hal darurat, warga diperbolehkan untuk keluar.



"Pada malam tahun baru nanti, jika warga ada keperluan keluar, diimbau hanya sampai jam 23.00 WIB saja, kecuali ada hal emergency," pintanya.



Kendati demikian, Illiza mengatakan tidak melarang non-muslim untuk merayakan pergantian tahun baru. Akan tetapi diminta untuk merayakannya dalam ruangan atau di rumah ibadah masing-masing.



"Kita tidak melarang umat agama lain untuk beribadah, tapi kita jangan terlibat," jelasnya.



“Kita menyampaikan yang hak tetap, dan yang bathil tetap bathil, tentang bagaimana hasilnya nanti itu hak Allah, kita serahkan semua sama Allah. Hidup ini kita bisa memilih, orang mau hidup seperti apa,” terang Illiza.



Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombers Pol Zulkifli mengatakan, pada malam tahun baru nanti, pihaknya akan melakukan pengamanan di tiga titik Kota Banda Aceh.



"Kami akan buat pos di Simpang Lima, Ulee Lheue dan di kawasan Terminal Batoh. Sebelumnya jam 19.30 WIB, kami akan menggelar apel gabungan di Mapolresta," imbu Zulkifli.



Sedangkan Kasatpol PP-Polisi Syariat Kota Banda Aceh, Rita Pujiastuti menjelaskan, pada malam tahun baru akan mengerahkan 200 lebih personelnya untuk mencegah terjadinya perayaan tahun baru masehi.



"Kita akan kerahkan 200 lebih personel untuk mencegah tidak adanya perayaan tahun baru," tutupnya. (*mdk)





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Cumulonimbus, Awan Raksasa yang Indah namun Mematikan | PHOTO #QZ8501





*Diduga Penyebab AirAsia QZ8501 Jatuh



Awan Cumulonimbus lah yang dicurigai menyebabkan pesawat AirAsia QZ 8501 hilang kontak, Minggu (29/12) pagi.



Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), DR. Andi Eka Sakya, menyebut, hilangnya pesawat AirAsia berjenis Airbus 320-200 yang hilang pada pukul 06.17 WIB, Minggu (28/12), diduga karena ada awan cumulonimbus.



Dalam data awan dan cuaca di jalur pesawat AirAsia QZ8501 di detik-detik hilang kontak sekitar pukul 06.00 WIB, sepanjang rute penerbangan, kondisi cuaca berawan. Awannya bermacam-macam. Salah satu yang patut diwaspadai oleh penerbangan adalah awan cumulonimbus.



“Pada track di mana pesawat dinyatakan lost contact ada awan cukup tebal 48 ribu kaki atau 16 ribu meter. Pada jam-jam tersebut muncul awan-awan cb yang meluas,” jelasnya, di kantor BMKG, Senin (29/12).



Dijelaskan, karakteristik dari awan cumulonimbus ini disertai petir di dalamnya. Jadi, bila ada pesawat yang masuk ke dalam awan cumulonimbus itu, pesawat biasanya mengalami turbulensi hebat.



Cuaca memang cukup buruk pagi itu dan tak heran kalau banyak awan raksasa di sepanjang jalur penerbangan. Awan ini secara penampakan memang indah, namun mampu mengacaukan laju pesawat.



Setiap pesawat diharuskan untuk menghindari tubrukan bila berhadapan dengan awan ini di perjalanan. Coba lihat deretan foto awan-awan cumulonimbus yang indah namun mematikan.






Penampakan awan ini terlihat di wilayah Idaho, AS. (*Moon Jazz.










(Bart Freese)






Cumulonimbus Capillatus over Torrejón de Ardoz (Madrid)





storm-cloud-1


storm-cloud-2




storm-cloud-4


Awan Cumulonimbus di Beijing China, ( imaginechina / catersnews )






Coyright: nobithai







Over Denton field, the storm was sneaking up on those in the stands. (Bart Freese)


















DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.












Senin, 29 Desember 2014

Yang Harus Anda Ketahui Tentang AirAsia





Tahun 2001, Tony Fernandes, mendirikan maskapai penerbangan murah di Asia, untuk menyaingi Malaysia Airlines dan Qantas Australia.


Dengan slogan "Now Everyone Can Fly", saat ini penerbangan AirAsia menjangkau sekitar 100 tujuan di seluruh lebih dari 15 negara, meskipun banyak sejumlah penerbangan ini dilayani oleh berbagai maskapai dan anak perusahaan yang menggunakan nama merek perusahaan.


Salah satu maskapai itu adalah, Indonesia AirAsia, yang mengoperasikan penerbangan QZ8501 dari Surabaya ke Singapura yang hilang kontak dengan kontrol lalu lintas udara pada Minggu pagi.


Pesawat dengan jenis Airbus A320 melayani lebih dari 30 rute, dengan sejumlah tujuan di negara Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapura dan Australia.


AirAsia memiliki 49% saham Indonesia AirAsia, namun mempunyai kepala eksekutif terpisah, yaitu Sunu Widyatmoko. Sisa saham perusahaan ini dimiliki oleh para pemegang saham Indonesia.


Pemerintah Indonesia melarang sejumlah perusahaan asing mendominasi kepemilikan saham setiap perusahaan penerbangan sipil.


______________________________________________________________________________



Analisis: Sharanjit Leyl, BBC News, Singapura



Nama AirAsia erat kaitannya dengan nama pengusaha asal Malaysia Tony Fernandes, ia menjadi kepala eksekutif dan menjalankan operasinya pada tahun 2001.



Fernandes yang selalu tampil dengan celana jins dan topi AirAsia ketika di wawancara, dipandang sebagai Richard Branson-nya Malaysia



Fernandes ingin meniru cara Branson dalam mengambil alih dominasi British Airways di tahun 1980-an dengan bersaing dengan sejumlah maskapai besar lainnya seperti Malaysia Airlines



Dia tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Malaysia.



Ketika pesawat ini hilang, dia segera memberikan dukungan kepada keluarga korban dalam pesan twitternya, dan datang ke Surabaya bersama para anggota afiliasi Indonesia AirAsia.

_________________________________________________________________________________



Model bisnis AirAsia mirip dengan apa yang disebut dengan budget airlines atau penerbangan murah. Maskapai menetapkan tarif rata-rata adalah sekitar 170 ringgit Malaysia.


Dalam tiga bulan hingga akhir September, grup AirAsia meraup laba 26.5 juta ringgit Malaysia dan mengangkut hampir 5,3 juta penumpang.






Namun, jumlah penumpang yang diangkut oleh Indonesia AirAsia turun sebesar 10% pada periode yang sama, yang mengakibatkan kerugian 1,85 juta setelah maskapai itu mengurangi beberapa rute nya.


Jumlah total penumpang yang diangkut oleh maskapai itu mencapai 8 juta orang pada tahun 2013.


Dalam beberapa tahun terakhir saham Indonesia AirAsia terangkat di lantai bursa, namun kenaikan sejumlah biaya dan depresiasi mata uang rupiah terhadap dolar AS menghambat rencana.


Indonesia AirAsia hanya mengoperasikan satu jenis pesawat-Airbus A320-single-aisle, yang memiliki kursi penumpang sebanyak 150 dan 180. Ujung sayapnya dirancang agar bahan bakar pesawat lebih efisien.


Pihak Airbus mengatakan jenis A320 yang digunakan pada penerbangan QZ8501 sudah mengumpulkan 23.000 jam terbang pada 13.600 penerbangan.


(*sumber: BBC International




DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Harga BBM Bakal Turun 1 Januari 2015, Berapa?



Pemerintah saat ini sedang mematangkan kebijakan baru di akhir tahun terkait subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).



Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan kebijakan baru yang disertai perubahan harga BBM bersubsidi pada 1 Januari 2015 akan menjadi kabar baik bagi masyarakat. Sofyan menyebut harga BBM bersubsidi akan turun.



"Kalau nggak besok ya lusa. Pokoknya kebijakan itu sebelum akhir tahun," ujarnya kala ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (29/12/2014).



"Kalau berita baik ini artinya kan ada penurunan harga," kata Sofyan.



Meski begitu, Sofyan enggan menyebut berapa besaran penurunan harga BBM bersubsidi. Sofyan tidak menjawab secara rinci.



"Doakan saja," ucapnya.



Yang pasti, tegas dia, pemerintah ingin memberlakukan kebijakan serta harga baru BBM bersubsidi guna menyesuaikan dengan perkembangan harga minyak dunia yang terus menurun.



"Ini supaya pemerintah adil terhadap masyarakat," ucap dia.



Mantan Menteri BUMN tersebut mengatakan kebijakan serta harga baru itu akan diumumkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said pada Rabu (31/12).



Soal harga, Sudirman mengakui harga jual Premium yang Rp 8.500/liter lebih tinggi dibandingkan harga pasarnya.



"Kalau dilepas dengan harga keekonomian, harga Premium akan jadi lebih rendah dari yang ditetapkan pemerintah November lalu Rp 8.500/liter. Mungkin saat ini pemerintah untung sedikit karena harga keekonomian Premium di bawah harga subsidi. Tapi secara net setahun pemerintah masih nombok karena harus bayar subsidi BBM," jelas Sudirman.



Sofyan Djalil mengatakan, pengumuman tidak perlu dilakukan Presiden RI Joko Widodo karena ini merupakan berita baik untuk masyarakat. Harga baru BBM bersubsidi berlaku efektif mulai 1 Januari 2015.



Sofyan masih menutup rapat mengenai kebijakan apa yang akan diberlakukan pemerintah terkait BBM bersubsidi. Namun, dia menyebut dari ketiga jenis BBM bersubsidi yakni premium, minyak tanah, dan solar, akan ada yang diberlakukan subsidi tetap.



"Yang masih diatur pemerintah kan ketiga jenis BBM itu. Pokoknya kebijakannya menyentuh ketiga jenis itu. Tunggu saja," Sofyan menuturkan. (*dtk/rol)





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Ini Kejanggalan AirAsia QZ8501, Mirip MH370





Setelah para pakar mengulas pebebedaan insiden AirAsia QZ8501 dengan Malaysia Airlines MH370, kini muncul analis yang mengungkap kemiripan kedua insiden pesawat itu, dengan kejanggalannya.



Dalam kasus MH370, Malaysia Airlines Boeing 777 yang membawa 239 penumpang dan awak hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret. Semua komunikasi dengan pesawat dipotong, setelah pesawat berada di antara wilayah Malaysia dan Vietnam, sebelum MH370 dialihkan ke selatan menuju Samudera Hindia.



Sedangkan dalam kasus AirAsia QZ8501, ahli penerbangan Peter Stuart Smith, menyebut ada kejanggalan. Yakni, ketika pesawat menghadapi cuaca buruk, mengapa tidak ada kontak lebih lanjutyang dibuat dengan petugas kontrol lalu lintas udara.



”Bahkan jika kita menganggap pesawat itu mengalami kondisi cuaca sangat buruk sehingga pesawat itu meledak di udara atau kondisi lain yang menyebabkan pilot kehilangan kontrol, masih ada sejumlah pertanyaan yang perlu dijawab,” kata Smith.



”Jelas itu prioritas pertama bagi pilot untuk menerbangkan pesawat, tetapi menyampaikan pesan ke petugas Air Traffic Control (ATC) tentang apa yang terjadi hanya cukup menekan satu tombol pada alat kontrol dan tinggal berbicara,” lanjut Smith, seperti dikutip news.com.au, Senin (29/12/2014).



Dia memahami kondisi cuaca buruk di Indonesia sebagai hal umum pada tahun ini. Tapi, Smith mengaku hampir tidak pernah mendengar ada pesawat modern jatuh karena mengalami turbulensi di ketinggian.



”Ini situasi yang berbeda ketika pesawat dekat dengan tanah, tetapi ini di ketinggian, bahkan jika pesawat terhenti, akan kesempatan bagi kru untuk memulihkan situasi dan mengontrol pesawat kembali,” imbuh Smith.



”Tampaknya tidak mungkin bahwa cuaca buruk yang sederhana bisa menyebabkan pesawat tersebut jatuh,” lanjut dia.



Ahli penerbangan lain, Neil Hansford mengatakan bahkan, jika faktor “human error” yang bertanggung jawab atas hilangnya QZ8501, itu tidak mungkin membutuhkan waktu lama untuk menemukannya. Menurutnya, tidak seperti Malaysia Airlines MH370, pesawat AirAsia QZ8501 masih ada di dalam wilayah udara Indonesia.





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Kalky Autar, Nubuat Muhammad dalam Kitab Hindu Wedha





Seorang professor bahasa dari Alahabad University, India, dalam salah satu buku berjudul Kalky Autar (Petunjuk Yang Maha Agung), memuat sebuah pernyataan yang sangat mengagetkan kalangan intelektual Hindu.


Betapa tidak? Sang professor secara terbuka dan dengan alasan-alasan ilmiah, mengajak para penganut Hindu untuk mengimani risalah Kalky Autar dalam kitab Wedha, karena menurutnnya, sebenarnya Muhammad saw adalah sosok yang dinanti-nantikan sebagai sosok pembaharu spiritual.


Prof. Waid Barkash (penulis buku) yang masih berstatus pendeta besar kaum Brahmana mengatakan bahwa ia telah menyerahkan hasil kajiannya kepada delapan pendeta besar kaum Hindu dan mereka semuanya menyetujui kesimpulan dan ajakan yang telah dinyatakan di dalam buku. 


Semua kriteria yang disebutkan dalam buku suci kaum Hindu (Wedha) tentang ciri-ciri Kalky Autar sama persis dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh Rasulullah Saw.


Dalam ajaran Hindu disebutkan mengenai ciri KALKY AUTAR diantaranya, bahwa dia akan dilahirkan di jazirah, bapaknya bernama VISHNUBHAGAT dan ibunya bernama SUMANEB. 


Dalam bahasa sansekerta kata VISHNUBHAGAT adalah paduan dua kata yaitu VISHNU artinya ALLAH sedangkan BHAGAT artinya hamba yang dalam bahasa Arab disebut ABDUN. Dengan demikian kata VISHNUBHAGAT artinya "ABDULLAH".


Demikian juga kata SUMANEB yang dalam bahasa sansekerta artinya AMANA atau AMAAN yang terjemahan bahasa Arabnya "AMINAH". Sementara semua orang tahu bahwa nama bapak Rasulullah Saw adalah ABDULLAH dan nama ibunya AMINAH.





Dalam kitab Wedha juga disebutkan bahwa Tuhan akan mengirim utusan-Nya kedalam sebuah goa untuk mengajarkan KALKY AUTAR (Petunjuk Yang Maha Agung). 


Cerita yang disebut dalam kitab Wedha ini mengingatkan akan kejadian di Gua Hira saat Rasulullah didatangi malaikat Jibril untuk mengajarkan kepadanya wahyu tentang Islam.


Bukti lain yang dikemukakan oleh Prof Barkash bahwa kitab Wedha juga menceritakan bahwa Tuhan akan memberikan Kalky Autar seekor kuda yang larinya sangat cepat yang membawa kalky Autar mengelilingi tujuh lapis langit. 


Ini merupakan isyarat langsung kejadian Isra Miraj, dimana Rasullah mengendarai makhluk yang bernama, Buraq. (*sumber: media.isnet)




DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Bagaimana Bisa Pesawat Hilang di Era GPS





Para kritikus penerbangan menuntut otoritas penerbangan global untuk menjelaskan bagaimana mungkin AirAsia QZ8150 yang membawa 162 orang bisa hilang di masa ketika satelit dan webcam dengan mudah mengawasi pergerakkan manusia setiap waktu.



"Semestinya mustahil sebuah pesawat terbang bisa hilang di era ketika orang bisa melacak ponsel dan mobil mereka sampai jarak beberapa kaki," kata Paul Hudson, Presiden Flyersrights.org dan anggota komite penasehat Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) seperti dikutip Reuters.



Selama dua hari tim pencari tidak mampu menemukan lokasi jatuhan AirAsia QZ8501, yakni sebuah Airbus A320 yang dibuat pada 2008 dan terakhir kali beroperasi November, yang sepertinya tidak mungkin hilang dari pantauan radar.



Teknologi satelit dan webcam jauh lebih bisa melacak lokasi pesawat pada momen-momen penerbangan setelah pesawat itu hilang dari layar radar, kata para pakar pelacak pesawat. Mereka juga mengatakan kedua teknologi juga bisa menyempitkan pencarian di area Laut Jawa. Namun kedua teknologi itu tidak penuh digelarkan.



Sistem pengawasan lalu lintas udara global telah berusaha meningkatkan peralatan sistem monitongnya, dari radar sampai GPS dan navigasi satelit di tengah ketidaksepakatan antara pihak maskapai, pemerintah dan lembaga-lembaga regulasi mengenai standard, harga dan tenggat waktu implementasi yang telah direkomendasikan.



Hudson cs mengeluhkan terlalu banyak rekomendasi dihasilkan selama satu dekade terakhir, tetapi terlalu sedikit perubahan dalam bagaimana semestinya pesawat diawasi. Hudson cs ingin pihak pembuat regulasi mensyaratkan pelacakan pesawat yang lebih baik lagi dari yang sudah ada.



Kevin Mitchell, pendiri dan ketua Business Travel Coalition, mengatakan ketidakmampuan melacak pesawat dengan cepat, telah merugikan penumpang pesawat.



"Kami menuntut agar pelacakan pesawat mendapat prioritas lebih tinggi dari para regulator," kata dia.



Charles Leocha, ketua Travelers United, memprediksi kendati kesegeraan meningkat, solusi untuk masalah ini seharusnya sudah ditemukan satu dekade silam. Ini karena industri penerbangan enggan mengeluarkan beban tambahan, di samping kesulitan membuat standard perlengkapan.



Penjejakkan pesawat yang lebih baik dan sistem pengawasan data penerbangan seketika menjadi isu mendesak setelah Malaysia Airlines MH370 hilang Maret lalu beserta 239 orang di dalamnya di Samudera Hindia.



Hilangnya MH370 mendorong Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), yang merupakan salah satu badan PBB, membentuk sebuah gugus tugas pimpinan Asosiasi Angkutan Udara Internasional (IATA) untuk membuat sistem pelacakan pesawat.



Gugus tugas IATA yang terdiri dari pihak maskapai, pilot, otoritas pengawas udara, dan pembuat pesawat, sudah sepakat bahwa pesawat mesti bisa dilacak sampai mil laut terdekat.



Pada Desember lalu gugus tugas ini merekomendasikan tenggat waktu 12 bulan untuk menggelarkan sistem pelacakan pesawat yang sudah ada, namun para anggota dewan IATA tidak menyetujui kerangka waktunya dengan alasan tidak praktis. Langkah ini membuat peluang besar mengambil langkah bagus menjadi pupus.



Penerbangan AirAsia yang hilang itu sendiri memiliki sistem pelacak penerbangan yang dinamai ADS-B yang membuat laman FlightRadar24 bisa memupblikasikan jalur terbang pesawat hilang itu.



Pengawas lalu lintas penerbangan yang berbasis di darat sebenarnya mempunyai data radar yang menunjukkan pesawat itu menghilang pada pukul 6.17 pagi waktu setempat.



"Jelas telah terjadi sesuatu di mana pesawat itu hilang dari layar radar dan mereka tidak mampu memastikan lokasi terakhir pesawat itu," kata Don Thoma, kepala eksekutif Aireon, unit dari Iridium Communications yang mengembangkan sistem pelacakan berbasis satelit.



ICAO mengatakan masih terlalu dini mengomentari hilangnya pesawat AirAsia itu, namun Duta Besar Indonesia untuk Kanada dan wakil tetap Indonesia untuk ICAO, Teuku Faizasyah, menjawab Reuters mengenai apa yang seharusnya dilakukan organisasi itu.



"Itu pertanyaan yang sulit. Hal ini melibatkan perusahaan-perusahaan swasta. Mereka mungkin perlu menambahkan sejumlah instrumen yang sangat mahal," kata Faizasyah seperti dikutip Reuters. (*ant)





DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.